Kamis, 26 Februari 2015

SEMASA Program perdana tim Pandeglang

SEMASA Program perdana tim Pandeglang

SEMASA merupakan singakatan dari Sekolah Masyarakat Desa yang ditujuka untuk anak-anak berusia 4-6 tahun yang belum bisa CALISTUNG (membaca, menulis dan berhitung). Program ini dilaksanakan Rabu, 25 Februari 2015 tepat pukul 10.00 WIB lalu di Kec. Cimanggu Kab. Padeglang-Banten. Ini merupakan program pertama dan perdana dilaksanakan di Kp. Cijalarang Desa Tagelan  Kec. Cimanggu oleh tim Pandeglang Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa Angkatan 7. Masih ada beberapa lagi program yang tambahan yang InsyaAllah akan dilaksanakan selama setahun yaitu INIBERSIH (Inisiatif Air Bersih), MARAKCIS (Masyarakat Cinta Islam) dan INSAFS (Inspiring Class For Students).

Berdasarkan assesment yang sudah dilakukan di kecamtan masing-masing, di Desa Tagelan lah yang berpotensi untuk diadakannya program SEMASA ini. Menurut data yang didapatkan bahwa Desa tersebut terdapat anak-anak yang masih berusia PAUD dan TK tetapi mereka hanya dibawa saja ke kebun menemani orang tua mereka. Selain itu anak-anak yang tidak punya basic membaca, menulis dan berhitung nantinya akan sulit menerima pembelajaran ketika masuk SD. Maka dari itu program SEMASA ini kami buat agar anak-anak tidak hanya bermain tetapi mereka juga bisa sambil belajar.
Dengan memulai pembelajaran pertama yaitu perkenalan dilanjutkan dengan mengajari mereka membuat garis lurus di kertas yang sudah kami sediakan. Kertas tersebut berisikan kotak-kotak besar dengan garis putus-putus.
Pembelajaran tersebut berakhir dengan pemberian nilai dengan conten bintang bukan angka. Jika mendapatkan 5 bintang berarti garis mereka sempurna dan tebal. Tetapi jika garis yang mereka buat masih kurang tebal, mereka hanya mendapatkan 3bintang. (Nur/27/2)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar